Cuaca Hari Ini, BMKG Prediksi Hujan dan Petir di Aceh dan Yogya

Cuaca hari ini, Rabu 15 Juni 2022, menurut analisis dan prakiraan BMKG akan diwarnai hujan disertai petir di Banda Aceh dan Yogyakarta.

Hujan lebat kemungkinan terjadi di Gorontalo.

Pada hari ini pula suhu udara berkisar 20-34 derajat Celsius dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Denpasar.

Sedangkan wilayah yang mulai mengalami banjir rob hari ini adalah pesisir Kalimantan Selatan (Pesisir Banjarmasin, Kotabaru).

Di antara faktor yang mempengaruhinya adalah fenomena supermoon yang sedang terjadi, yakni fase purnama bulan pada jarak terdekatnya dari Bumi.

Secara umum BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Sumatera, di Selat Makassar dan di Selat Karimata yang bisa berpengaruh terhadap cuaca hari ini.

Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Sumatera Barat, di Kalimantan tengah, di Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, di Teluk Tomini hingga Sulawesi Selatan, dan di Laut Flores.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Aceh bagian timur, Sulawesi bagian tengah, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, di Laut Sulawesi, di NTT bagian timur, di Kepulauan Aru, di Papua dan di Papua Barat.

Lalu dipantau pula daerah pertemuan angin (konfluensi) di Pesisir Timur Jambi, di Selat Malaka dan di Selat Karimata.

Seluruh kondisi tersebut, kata BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *